Cerpen III ( Anak Muda yang Buta )

Anak muda Yang Buta

Di suatu desa di daerah pedalaman di Indonesia hiduplah seorang anak muda yang masih belia dan tidak dapat melihat yang di sebabkan matanya buta, kedua orang tuanya telah lama meninggal dan ia hidup bersama paman nya seorang pekerja buruh tani.

Keseharian anak itu membantu pamannya berjualan sisa-sisa beras yang tumpah dari tempatnya yang tidak di ambil oleh juragan beras itu dan ia pun mengumpulkannya lalu di jual di pasar dengan harga jauh lebih murah dari harga beras sebenarnya..

Namun pada saat ia pulang dari pasar ia tersesat dan melewati sebuah tempat peternakan ikan, ia mendengarkan seorang pedagang ikan yang sedang transaksi antara pembeli... ia terkejut kalau harganya sangatlah mahal, lalu ia memberanikan diri untuk mendekati pedagang ikan itu untuk mencoba bertanya jalan pulang untuk menuju rumahnya

“ permisi om.. aku tersesat dan aku ingin pulang...???

Si Pedagang : alamat rumah kamu dimana??

Si anak yang buta”di daerah gudang beras”

Pedagang: kamu tinggal bujur saja lalu belok ke sebelah kiri

Si anak yang buta”baiklah om trima kasih tapi sebelumnya aku pingin tau ikan apakah ini sehingga mahal sekali harganya???

Si Pedagang”mau tau aja kamu..pergi sana... kamu tidak akan mampu membelinya ”.

Ia pun pulang dengan membawa uang hasil dagangannya di pasar tadi

Malam pun telah datang tak jua ia dapat tertidur karna selalu saja terngiang di otaknya akan ikan yang di perdagangkan tadi siang itu.. tiba-tiba pamamnya meliahat ia dan bertanya “hay nak kenapa kamu belum juga tidur?? Besok pagi biar paman sendiri saja yang berangkat kerja” dengan tersenyum manis anak itu menjawab “ baiklah paman”

Pagi pun tiba, pada saat ia terbangun sudah tidak lagi mendengarkan suara pamannya di dalam rumah, lalu ia bergegas pergi untuk mencari tau dimana tempat ternak ikan itu berada

Kembali ia ketempat pedagang ikan dan mencari tau tentang ikan itu, namun tiba-tiba pedagang ikan itu curiga dan merasa risih saat melihat anak itu di depannya lalu berkata “ hay nak kamu orang yang waktu itu kesini ya??

Jawab anak “ya om.... saya ingin sekali memiliki ikan itu” Dengan expresi yang tersenyum ia menjawab”

Pedagang ikan “kamu ada uang berapa nak??”

Si anak yg buta “ aku hanya ada uang buat makan ku hari ini saja om, emangnya ada apa??”

Pedagang ikan “kalau kamu mau ikan ini berikan saja uangmu yang ada padaku dan ambillah sepasang ikan ini untukmu??

Anak yang buta itu pun langsung menerimanya, dan pedagang itu pun merasa berhasil menipu anak yang buta itu, padahal yang di berikan adalah anak ikan yang sudah tak layak di jual lagi alias cacat. Dengan tersenyum bahagia anak itu pulang ke rumah lalu memeliharanya di dalam ember hitam yang dimana ember hitam itu untuk pamannya mengambil air di kolam untuk mandi.

Setiap pagi sisa-sisa makanan nya ia berikan kepada ikan itu, namun ke esokan harinya sewaktu ia mau memberi makan ikan itu tiba-tiba tempat dimana ikan itu di simpan sudah tidak ada lagi dan ia pun langsung cepat menanyakan kepada pamannya yang sedang bekerja.. ternyata memang tadi subuh pamannya mengunakan tempat ikan itu untuk mandi dan ia pun cepat bergegas mencari dan meraba-raba di antara genangan air bekas tampat pamannya mandi tadi, namun ternyata tidak juga ia menemukannya, sangat sedih sekali ia di saat ia harus kehilangan hewan piaraan nya...

Setahun telah berlalu ia pun sudah tidak mengingat ikan itu lagi, namun tiba-tiba setelah pamannya mau mandi dan mengambil air di kolam serta menuangkannya di dalam bak mandi tiba-tiba ia melihat banyak sekali anak ikan di dalam bak mandinya itu, ia pun heran dan di perhatika dengan cermat sepertinya ia tau jenis ikan apa itu. Terkejutlah pamannya lalu memanggil keponakannya yang buta itu..

Paman: “nak..... nak..... mari lekas kesini”

Si anak yang buta: “Iya paman Ada apa??”

Paman: apakah kamu masih ingat kalau setahun yang lalu ikan kamu hilang??”

Si anak yang buta: Iya paman... memangnya ada apa??

Paman: mari sini celupkan tangan kamu di sini (bak mandi)

Si anak yang buta: apakah ini paman?? Dimana paman mendapatkan ikan ini

Paman: ini adalah anak-anak ikan arwana yang induknya kamu pelihara setahun yang lalu ternyata ia ada di kolam belakang rumah kita dan berkembang biak.. ayo ikut paman kita periksa kolam itu..

Si anak yang buta: Baiklah paman (dengan tersenyum dan sedikit merasa tidak percaya)

Setelah di periksa dan di kolam tempat dimana pamannya mengambila air ternyata banyak sekali ikan-ikan arwana yang sudah besar dan layak di jual bahkan kalau di perkirakan harga sangatlah mahal.... lalu ia beserta pamannya menangkap ikakn-ikan itu untuk di jual dan hasilnya pun di untuk membuat tambak ikan yang lumayan besar.. dan si buta itu menemuka pujaa hatinya yaitu anak gadis kepala desa yang cantik jelita dan baik perangainya serta mempunyai 2 orang anak...namun selang beberapa tahun setelah ia mempunyai tambak ikan, karyawan yang cukup banyak pamannya pun meninggal dunia lalu ia pun hidup bersama istri dan dua orang anak nya..

TAMAT!!!

1 komentar:

Able mengatakan...

wahhh ada bahan bacaan...numpang baca ya broo... :D

Posting Komentar

Pages

Mengenai Saya

Foto saya
Mudah Penasaran!!! Cihahayyyy...!!!!!!
Copyright © 2010 Love Story And My Study All Rights Reserved.
Website powered by Blogger and Trily Blogger theme designed by TopTut.com & Converted by Ritesh Sanap.

Blog Archive

Followers

silakan meninggalkan pesan ^_^

Ada kesalahan di dalam gadget ini

bantu di klik sob..... :D